Plesir ke Masjid

Assalamualaikum wr. wb. 

Salah satu hal yang menarik untuk dilakukan saat kita berada di tempat yang asing adalah berplesir. Berplesir tidak hanya terbatas pada tempat-tempat konvensional saja lho, karena masjid juga bisa jadi tempat yang menarik sebagai lokasi foto-foto, mempelajari sejarah, dan sebagainya. Hal ini dikarenakan di berbagai daerah masjid memiliki desain yang berbeda-beda dengan cerita-cerita menarik di balik pembangunannya. Berikut adalah beberapa contoh masjid yang memiliki desain unik. 

1. Masjid Agung Kairouan

Gambar

Kompleks masjid ini berbentuk trapesium yang di mana sisi timurnya lebih panjang daripada sisi barat (127,80 m dan 125,20 m) serta sisi utara yang lebih pendek dibandingkan sisi selatan (72,70 m dan 78 m) dengan luas total mencapai 9000 m2. Masjid Agung Kairouan dibangun pada tahun 670. Sepintas arsitektur Masjid Agung Kairouan terlihat kokoh seperti sebuah benteng. Dinding yang mengelilingi bagian luar kompleks masjid terbentuk dari kumpulan batu bata dengan total ketebalan 1,90 m. 

2. Masjid Qolsharif

Gambar

Masjid Qolsharif selesai dibangun pada tahun 2005 setelah dimulai pengerjaannya pada 1996. Masjid ini memiliki 1 kubah dan 4 menara dan dapat menampung sekitar 6.000 orang. Tempat beribadah untuk laki-laki dan perempuan dipisahkan, di mana lantai satu diperuntukkan untuk laki-laki dan lantai dua untuk perempuan.

3. Masjid Raya Xi’an

Gambar

Masjid Raya Xi’an sekilas terlihat kental dengan gaya arsitektur cina, namun di bagian interiornya juga terdapat arsitektur bernuansa timur tengah. Masjid ini dibangun di atas tanah berukuran 48 m dan 248 m dengan luas total mencapai 12.000 m2 dan menghadap ke barat daya. Masjid Raya Xi’an memiliki desain unik yakni 5 halaman, yang di mana halaman berikutnya bisa dicapai dengan melewati gerbang di halaman sebelumnya. Ruang shalat berada di halaman keempat. Di belakang ruang shalat terdapat halaman kelima, dengan dua bukit, yang di mana orang-orang dapat menyaksikan bulan di malam hari.

4. Masjid Raya Herat

Gambar

Kompleks Masjid Raya Herat dibangun dengan gaya إيوان‎ (Iwan). Di gaya ini, kompleks masjid dibentuk memiliki sebuah tanah lapang berbentuk segitiga di tengah dengan bangunan-bangunan mengelilinginya. Pembangunan kompleks masjid ini juga menggunakan batu lapis lazuli. Batu ini membuat masjid terlihat indah dengan warna kebiruan. 

Veel plezier!

 

Sumber:

– http://en.wikipedia.org/wiki/Mosque_of_Uqba

– http://en.wikipedia.org/wiki/Qolşärif_Mosque

– http://en.wikipedia.org/wiki/Great_Mosque_of_Xi%27an

– http://archnet.org/library/sites/one-site.jsp?site_id=9146

– http://en.wikipedia.org/wiki/Friday_Mosque_of_Herat

– http://en.wikipedia.org/wiki/Lapis_lazuli

Iklan

Tentang aafuady

hanya ahmad fuady yang ingin berkisah tentang apa yang berkecamuk dalam dirinya. suka menolong orang sehingga ia disebut dokter, suka menulis sehingga ada yang menyebutnya penulis, suka mengajar dan ada yang memanggilnya dosen, suka meneliti maka dianggaplah ia peneliti, juga suka pada istri dan anaknya maka ia dipanggil Buya.

One comment

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s