Sajjåda

Sajjada

 

 

Sajjåda – sebuah manifestasi dari Islam yang meyakini bahwa beribadah (berkomunikasi dengan Tuhan) merupakan hak hakiki yang bersifat personal. Dengan hanya beralaskan kain berukuran 0.7 X 1.2 meter persergi, setiap umat muslim dapat bekomunikasi dengan Tuhan-nya tanpa ada batasan institusional yang berhirarki.

Sajjåda – menunjukan kemandirian, bahwa beribadah tidak bergantung pada ketersediaan fasilitas dan kehadiran orang lain. Walaupun ada, hal itu merupakan pilihan dan kebanyakan darinya berhukum sunnah (co : Shalat berjamaah). Personalisasi yang dihadirkan dalam sajjåda, memberikan pelatihan untuk pengendalian diri dalam beribadah. Tanpa harus dilakukan  secara komunal atau dibayangi tekanan sanksi sosial, ibadah dapat benar-benar dilandaskan pada niat dan keinginan seorang individu, sebuah landasan yang hakiki dalam ritual beribadah.

Sajjada – dengan sifatnya yang ‘portable’,  menguatkan keyakinan bahwa Allah berada sangat dekat dengan umat-Nya. Ia tidak hanya bisa ditemui dalam suatu ruang bangunan yang notabenenya disebut ‘Rumah Tuhan’ saja , tetapi dimanapun dan kapanpun kita berada, selama memenuhi persyaratan kebersihan dan menghadap kiblat, ruang komunikasi tersebut secara instan tercipta. Di atas lansekap gurun, hutan, aspalt, beton bertingkat, gubuk, dimanapun.

Sajjåda – memberikan penegasan bahwa beribadah tidak memerlukan perantara objek (co: patung, simbol) untuk berkomunikasi dengan Tuhan. Suatu wujud dari peniadaan sifat musyrik dan kecintaan terhadap benda dalam ritual beribadah. Walaupun dalam sajjåda terdapat gambar-gambar dekorasi dan simbol-simbol benda (co:kabah), ornamentasi tersebut berbatas dalam lingkup kreasi estetika manusia yang tidak mendistorsi makna ritual pemujaan terhadap Allah itu sendiri.

Sajjåda – dikaitkan dengan makna kata Islam sebagai ‘penyerahan’ diri sepenuhnya terhadap Tuhan, ruang kecil ini menggambarkan bahwa penyerahan itu sifatya Sukarela.

[Rizki Supratman]

 

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s