Blog PPMR: Sarana Membebaskan Diri dari Kerugian

Senang rasanya melihat aktivitas PPMR tetap berjalan dengan baik sepanjang tahun ini, dari mulai pengajian rutin bulanan, berbuka puasa bersama, kajian hadits special, dan juga tulisan-tulisan yang tetap hadir di blognya. Angkat topi untuk para pengurus dan relawan PPMR!

Pada kesempatan ini, penulis tergelitik untuk membahas tentang blog PPMR. Dalam sejarah keberadaannya, PPMR memiliki lebih dari satu blog. Mungkin saja ada lebih namun yang bisa terpantau dari mata penulis, blog-blog tersebut diantaranya:

1.http://ppmrku.wordpress.com

Dilihat dari isinya, ini merupakan blog PPMR di sekitaran tahun 2008. Berbagai artikel tersimpan di sana jga arsip foto-foto pengajian rutinnya. Entah mengapa tidak bekelanjutan, namun yang pasti banyak hikmah dan pembelajaran dari blog ini.

2. http://ppmr-indonesia.blogspot.nl/

Segera setelah  kepengurusan Mas Meditya terbentuk (awal 2010), blog ini secara darurat dipublish guna mengiringi kegiatan2 kegiatan PPMR yang mulai berjalan. Sembari menunggu tim resmi koordinator blog untuk meluncurkan blog baru PPMR.

3. https://ppmrindonesia.wordpress.com

Nah, inilah blog PPMR yg masih aktif sampai sekarang. Di bawah komando Mas Meditya, tim koordinator blog yang terdiri dari Mas Anton, Mbak Atik, dan Mbak Niken, berhasil menggodok ide dan kreativitasnya untuk menelurkan blog PPMR terbaru. Alhasil setelah kepengurusan Mas Meditya lungsur, blog ini tetap juga akftif dikelola oleh kepengurusan duo Mas Iqbal dan Bang Ivan, kepengurusan duo Mas Fasha dan Kang Kimon, dan tetap juga aktif di kepengurusan sekarang duo Mas Fuad dan Mas Hakim.

Berdasarkan data yang diperoleh dari hostnya blog WordPress.com, semenjak kelahirannya (Januari 2010) sampai tanggal 21 Juli 2013, blog PPMR telah dikunjungi sebanyak 45707 (empat puluh lima ribu tujuh ratus tujuh) kunjungan. Atau jika dirata-ratakan, terdapat sekitar 50 kunjungan per hari. Wow! Untuk data selengkapnya bisa dilihat di gambar berikut.

ppmr stat

Lebih hebatnya lagi, ternyata blog PPMR ini telah dikunjungi oleh banyak orang dari berbagai belahan dunia. Merujuk data wordpress.com semenjak Februari 2012, para pengunjung blog PPMR berasal dari 58 negara yang berbeda. Bahkan ada pengunjung dari Guam (ada di mana nih negara ini??:)), ataupun dari Israel. Namun memang pengunjung terbanyak berasal dari Indonesia (jelas, karena blognya kan berbahasa Indonesia), diikuti Belanda, Amerika Serikat, Malaysia, dan Taiwan. Wow lagi!

stat ppmr2

Dari informasi statistik di atas, penulis baru menyadari begitu dahsyatnya efek yang bisa dihasilkan dari sekedar blog.  Begitu mudahnya informasi tersampaikan, jarak dan waktu bukanlah kendala. Pada akhirnya tergantung pada diri kita masing-masing lah, blog PPMR ini mau kita apakan, kita diamkan saja atau kita manfaatkan.

Sementara itu, Allah SWT berfirman:

”Demi masa. Sesungguhnya manusia itu benar-benar berada dalam kerugian. Kecuali orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal sholih dan saling menasihati supaya menaati kebenaran dan saling menasihati supaya menetapi kesabaran” (QS. Al ‘Ashr).

Dalam surat Al Ashr di atas Allah SWT menjelaskan bahwa seluruh manusia benar-benar berada dalam kerugian. Kerugian ini maksudnya adalah mutlak rugi dunia dan akhirat, tidak mendapat kenikmatan, dan berhak masuk neraka.

Menurut Imam Syafií seseorang yang berakal apabila mendengar atau membaca surat ini, maka ia pasti akan berusaha untuk membebaskan dirinya dari kerugian dengan cara menghiasi diri dengan empat kriteria yang tersebut dalam surat tersebut, yaitu beriman, beramal shalih, saling menasehati agar menegakkan kebenaran (berdakwah) dan saling menasehati agar bersabar.

Nah menurut hemat penulis, blog PPMR dengan efek yg dahsyat itu, bisa menjadi alat bagi kita untuk membebaskan kita dari kerugian. Kita bisa memanfaatkannya untuk saling menasehati agar menegakkan kebenaran dan juga saling menasehati agar bersabar.

Pada kesempatan ini, penulis mengajak khususnya diri pribadi penulis dan juga teman-teman semua, yuk mari kita berusaha membebaskan diri dari kerugian dunia dan akhirat. Mari kita berdayakan blog PPMR ini, juga kegiatan-kegiatan PPMR yang lain, sehingga kita bisa menambah keimanan, beramal salih, dan saling menasehati. Sangat disayangkan ketika kita tinggal jauh dari keluarga dan kampung halaman, waktu yang singkat ini sedikitpun tidak kita sisihkan untuk kegiatan-kegiatan yang positif, yang bisa membebaskan kita dari kerugian. Seperti kegiatan-kegiatan PPMR, insya Allah :).

Schiedam,

Dudy

Disarikan dari berbagai sumber, antara lain:

Iklan

Tentang dufre

A husband and father, a chemical engineer graduated from Bandung Institute of Technology, the one who believes that learning will keeping you stay young.. :)

One comment

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s