Pengajian PPMR – Oktober 2012

Alhamdulillah, pengajian PPMR bulan Oktober berjalan dengan lancar dan baik. Pengajian dilaksanakan di rumah Bang Syamsudin, nyaris di ujung jalan Brielselaan. Meski sudah di negeri Belanda yang memegang kultur disiplin yang ketat, manusia Indonesia memang sulit untuk melepas kodratnya sebagai orang Indonesia. Jadilah, pengajian yang diumumkan akan dimulai pada pukul 11.00 baru dimulai sekitar pukul 12.30 CET. Tidak mengapa, toh panitia dan tuan rumah sudah dengan hati-hati memperhitungkan risiko waktu keterlambatan tanpa perlu melakukan uji statistik. Cukup pengalaman empirik.

Hakim membaca Al Qur'an   Taushiah oleh Ust Hamdi

Setelah dibuka, Hakim dengan suara merdunya melantunkan ayat-ayat suci Al Qur’an dengan dampingan Bramantyo yang baru saja diangkat menjadi ketua PPI Rotterdam. Ustadz Hamdi pun memberikan taushiah mengenai Tauhid. Ada beberapa poin yang dapat ditarik sebagai kesimpulan taushiah tersebut.

  1. Pentingnya memasang target atau tujuan dalam hidup. QS Az Zumar: 60-61 memberikan pelajaran bagi kita bahwa amalam yang dilakukan setengah hati akan berakhir sia-sia.
  2. Tauhid harus dibersihkan dari segala macam yang dapat membuatnya kotor.
  3. Di antara hikmah tauhid adalah (a) memerdekakan diri kita, (b) membentuk pribadi yang kokoh, (3) mengisi hati kita dengan ketenangan, (4) memberikan nilai rohani kepada pemiliknya, dan (5) membina persaudaraan di antara kita.

 

Bang Syamsuddin tidak lupa memberikan nasihat tentang perlunya bersilaturrahim dan asuransi, serta menyatakan kesediaannya untuk menjadi host pengajian kembali. Sebelum makan-makan yang ditunggu karena menu sate dan gulainya, peserta yang hadir melaksanakan shalat zuhur berjamaah. Makan-makan berlangsung dengan penuh suka cita, terutama bagi yang ingin melepas kangen Idul Adha dengan daging kambing. Memang nikmat sekali…

Jangan kalap... :D

Di sela-sela makan, pengurus PPMR yang baru mengumumkan beberapa program yang akan dilaksanakan dalam setahun ke depan. Pengajian yang dilaksanakan setiap bulan akan digilir dan forum telah menyepakati lokasi pengajian hingga bulan Februari 2013.

  1. November 2012 : ISR
  2. Desember 2012  : libur
  3. Januari 2013       : Kang Opik – Teh Dowty
  4. Februari 2013     : Kang Aul – Teh Lia
  5. Maret 2013           :
  6. April 2013 – Agustus 2013 : [masih terbuka kesempatan bagi yang ingin meluangkan waktu dan tempatnya]

 

   

Acara ditutup dengan sesi foto bersama. Sampai jumpa pada pengajian berikutnya…

 

Salam,

PPMR

 

Tentang aafuady

hanya ahmad fuady yang ingin berkisah tentang apa yang berkecamuk dalam dirinya. suka menolong orang sehingga ia disebut dokter, suka menulis sehingga ada yang menyebutnya penulis, suka mengajar dan ada yang memanggilnya dosen, suka meneliti maka dianggaplah ia peneliti, juga suka pada istri dan anaknya maka ia dipanggil Buya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s