Berbagi Doa-Doa Favorit

Assalamualaikum Wr Wb

Halah, udah giliran piket ngisi blog aja. Mana kondisi spiritual pas lagi ngga “ngangkat” lagi hehehe.. Sharing apa yah.. Biar ngga terlalu ngawang-ngawang, mungkin kutipan Doa ekstra yang biasa diusahakan untuk dibaca selepas sholat, (selain doa untuk orang tua dan doa “sapu jagat” (doa kebahagiaan dunia dan akhirat)) bisa bermanfaat untuk dibagi. Yang udah tau dan biasa, jangan marah yah.

Doa yang dikutip ini dicatet dari buku kumpulan Doa-nya Miftah Faridl. Hal yang paling disuka dari buku saku ini karena penulisnya memilih Doa dari kutipan Al-Quran langsung. Hal ini dirasa sangat mantap, karena Al-Quran tanpa terbantahkan adalah referensi nomor satu dan utama kita, umat muslim.

Untuk saya pribadi, saya tertarik untuk mencatat dan mencoba merutinkan doa yang berkaitan dengan permohonan diberikan kehidupan berkeluarga (istri dan anak) yang membuat bahagia dan islami, permohonan untuk tidak diberikan cobaan diluar kapasitas diri, permohonan untuk selalu diberi kelapangan dada dan diberi penolong dari orang-orang terdekat, dan permohonan untuk tidak disesatkan kembali setelah diberi tetes demi tetes pencerahan.

رَبَّنَا هَبْ لَنَا مِنْ أَزْوَاجِنَا وَذُرِّيَّاتِنَا قُرَّةَ أَعْيُنٍ وَاجْعَلْنَا لِلْمُتَّقِينَ إِمَامً]

“… Ya Tuhan kami, anugrahkanlah pasangan dan keturunan kami sebagai penyenang hati kami, dan jadikanlah kami pemimpin bagi orang-orang yang bertaqwa..(QS Al Furqan 74)”

رَبَّنَا لَا تُؤَاخِذْنَا إِن نَّسِينَا أَوْ أَخْطَأْنَا ۚ رَبَّنَا وَلَا تَحْمِلْ عَلَيْنَا إِصْرًا كَمَا حَمَلْتَهُ عَلَى الَّذِينَ مِن قَبْلِنَا ۚ رَبَّنَا وَلَا تُحَمِّلْنَا مَا لَا طَاقَةَ لَنَا بِهِ ۖ وَاعْفُ عَنَّا وَاغْفِرْ لَنَا وَارْحَمْنَا ۚ أَنتَ مَوْلَانَا فَانصُرْنَا عَلَى الْقَوْمِ الْكَافِرِينَ

“… Ya Tuhan kami, janganlah Engkau hukum kami jikalau kami lupa atau kami melakukan kesalahan. Ya Tuhan kami, janganlah Engkau bebani kami dengan beban yang berat sebagaimana Kau bebankan kepada orang-orang sebelum kami. Ya Tuhan kami, janganlah Kau pikulkan kepada kami apa yang kami tidak sanggup memikulnya. Maafkanlah kami, ampunilah kami, & rahmatilah kami. Engkaulah pelindung kami, maka tolonglah kami menghadapi orang-orang kafir.” (QS Al Baqarah 286)

رَبِّ اشْرَحْ لِي صَدْرِي وَيَسِّرْ لِي أَمْرِي وَاحْلُلْ عُقْدَةً مِّن لِّسَانِي يَفْقَهُوا قَوْلِي وَاجْعَل لِّي وَزِيرًا مِّنْ أَهْلِي

“… Ya Tuhanku, lapangkanlah dadaku, dan mudahkanlah urusanku, dan lepaskanlah kekakuan lidahku, supaya mereka mengerti perkataanku. Dan jadikanlah bagiku mentriku (penolongku) dari keluargaku sendiri..” (QS Thaha 25-29)

رَبَّنَا لَا تُزِغْ قُلُوبَنَا بَعْدَ إِذْ هَدَيْتَنَا وَهَبْ لَنَا مِن لَّدُنكَ رَحْمَةً ۚ إِنَّكَ أَنتَ الْوَهَّابُ

“… Ya Tuhan kami, janganlah Kau condongkan hati kami pada kesesatan setelah Kau berikan petunjuk kepada kami, dan karuniakanlah kepada kami rahmat dari sisi-Mu, sesungguhnya Engkau maha pemberi” (QS Thaha 25-29)


 Oiya soal buku saku itu, sangat mantep-lah. Banyak doa macem-macem, yang bisa dicatet dan dicoba dirutinkan sesuai dengan preferensi masing-masing. Biasanya kalau sudah rutin dibaca lama kelamaan jadi hapal, hehehe.. OK, biar ngga kepanjangan, kiranya demikian dulu berbaginya, Semoga bermanfaat… Wallahu Alam Bishawab.. DjoSS!!!

Wassalamualaikum Wr Wb.
MW

One comment

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s