Sang Maha Penyayang, lagi Maha Pengasih

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh,

 

Rabbighfirlii, warhamnii, wajburnii, warfa’nii, warzuqnii, wahdinii, wa’afinii, wa’fu’annii

[Wahai Tuhanku, ampunilah aku, rahmatilah aku, cukupkanlah aku, angkatlah derajatku, berikanlah rizki kepadaku, tunjukkanlah aku, sehatkanlah aku, dan, maafkan segala kesalahanku]

Pernahkah kita berpikir sejenak tentang bacaan dalam solat yang kita lakukan lima kali sehari ini? Sebuah ritual yang kita lakukan setiap hari, sampai kadang tak pernah terpikir apa yang kita ucapkan itu? Apa yang terkandung dalam setiap bacaan itu?

Kalimat di atas berasal dari bacaan duduk diantara sujud. Betapa halus dan menyeluruhnya doa yang terkandung di dalamnya. Allah SWT sendiri yang mengajarkannya kepada Nabi kita Muhammad SAW, langsung tanpa perantaraan makhluk lainnya. Pada malam yang mulia, dalam bulan yang mulia, di tempat termulia, antara Sang Pencipta dan kekasihnya yang mulia.

Betapa Allah SWT sangat mencintai kita semua, dengan mengajarkan doa ini. Dengan membaca doa ini, kita memohon kepada-Nya, untuk memberikan ampunannya atas dosa dan kesalahan kita dan kerahmatan bagi apa yang kita lakukan sehari-hari. Kecukupan atas apa yang kita punya dan rizki yang halal, sehingga kita tidak mencari apa yang bukan hak kita. Ditunjukkan kepada kita jalan yang terbaik dalam segala hal, cita-cita dan kehidupan akhirat yang kekal. Kesehatan bagi badan kita dan rohani. Pada akhirnya doa ini ditutup kembali dengan wa’fu’annii, maafkanlah segala kesalahanku.

Betapa Allah SWT Maha Pengampun, Dia tidak ingin melihat hambanya berkalang dosa dan kesalahan. Dengan doa ini Dia mengajarkan doa memohon pengampunan dan kesejahteraan bagi kita, yang kita ucapkan dalam keadaan sadar atau tidak, agar kita selalu dibersihkan dari dosa dan diberikan yang terbaik dalam hidup kita. Maha Besar Allah!

Sekelumit pengingat pendek ini mungkin akan berlalu. Mungkin juga akan membekas bagi sebagian orang. Doa ini selalu diulang-ulang oleh sahabat saya kepada saya dan sekarang adalah giliran saya meneruskannya kepada sahabat PPMR saya. Semoga kita dapat membaca doa ini dengan penuh penghayatan dalam setiap solat kita.

“Dan Tuhanmu berfirman: Berdoalah kepada-Ku, niscaya akan Ku-perkenankan kepadamu…” (QS 40:60)

 

Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh,

Muhammad Iqbal Gentur Bismono

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s