Reportase Pengajian April

Bismillahirrahmanirrahim,

“Maka datanglah sesudah mereka, pengganti (yang jelek) yang menyia-nyiakan shalat dan memperturutkan hawa nafsunya, maka mereka kelak akan menemui kesesatan. kecuali orang yang bertaubat, beriman dan beramal saleh, maka mereka itu akan masuk syurga dan tidak dianiaya (dirugikan) sedikitpun.” (Maryam 19 : 59-60)

Assalamualaikum wr wb,

Alhamdulillah, pada hari minggu, 1 Mei 2011, lalu kita telah melangsungkan pengajian April dengan tema Piknik di Het Park. Dengan menggelar tikar diantara rimbunan pohon dan hamparan rumput hijau kita duduk, bersilaturahmi, berdiskusi dan mengagungkan Allah.

Pengajian kali ini juga dalam rangka syukuran telah lulus nya kawan baik kita Pipin Pintaka Adji dari RSM. Semoga diberi kemudahan dalam mencapai cita-citanya. Amin. Terimakasih juga kepada teman-teman MM UGM plus-plus, dibawah Arahan Kang Wisnu yang telah membuat rangkaian acara menjadi sangat menarik. Juga master chef mbak Afifa yang telah meluangkan waktu untuk menyiapkan santapan yang lezat bersama tim: Ratih, Mbak Nila, Meidi, Andika, Surya, Yudha, Pipin, Haryo, Nanda, Pak Mami, Kenny juga kawan-kawan lain yang saya lupa menyebutkan. Menu luar biasa, nasi kuning, ayam goring, telur balado, urap, bacem tahu, ba(ta)gor (baso – (tanpa tahu) goreng temuannya Pipin), kering tempe dan pudiing… :9

Diakhir acara juga ada permainan-permainan menyenangkan dan menarik yang dipandu oleh duo Surya – Yudha, yang tak henti-hentinya membuat kita tertawa. Alhamdulillah kita juga bias mendapat esensi dari permainan tersebut, seperti yang dikatakan oleh Surya: “membina hablumminannas”, serta melatih kebersamaan, kepemimpinan dan komunikasi.

terimakasih Iqbal untuk dokumentasi pada reportase ini.

Dibuka dengan pembacaan ayat suci Al-Qur’an surat Maryam 59-64 oleh Bang Bobby dan terjemahannya oleh Haryo, mengenai bagaimana kualitas manusia yang buruk adalah yang menyia-nyiakan sholatnya dan menuruti hawa nafsu, sehingga mereka akan disesatkan.

Pengajian kali ini dipandu oleh duo Mas Adhi dan Mas Heri yang mengangkat tema: sholat dalam kehidupan sehari-hari. Dan menariknya dari forum kali ini adalah sifatnya yang lebih mengarah kepada diskusi dan sharing.

Pertanyaan pertama yang paling mendasar yang perlu kita tanyakan ke diri kita masing-masing  adalah “mengapa kita perlu sholat?” bukan “mengapa kita harus sholat”. Dan bagaimana kita memotivasi diri kita untuk sholat secara konstan dimana lingkungan tidak lagi kondusif dan infrastruktur seperti masjid jarang kita temui.

Ketika dalam pikiran kita kata harus digantikan oleh kata perlu, kita tidak lagi menganggap sholat sebagai beban, namun sebagai kebutuhan. Kemudian, bagaimana merubah kata benda ini.

 

Sholat adalah sebuah sungai yang mencuci dosa

“Bagaimana pendapat kalian seandainya ada sungai di depan pintu rumah salah seorang dari kalian, lalu dia mandi lima kali setiap hari? Apakah kalian menganggap masih akan ada kotoran (daki) yang tersisa padanya?” Para sahabat menjawab, “Tidak akan ada yang tersisa sedikitpun kotoran padanya. “Lalu beliau bersabda: “seperti itu pula dengan shalat lima waktu, dengannya Allah akan menghapus semua kesalahan. “ (Shahih Bukhari – 497)

Sholat adalah pengalaman spiritual

Sholat bukanlah sekedar pengalaman jasmani dan rutinitas belaka, sholat juga mengandung pengalaman spiritual. Dimana dalam setiap aspek ibadah selalu mengandung tiga hal: rasa cinta, rasa takut dan rasa harap. Kita dapat meminta pengharapan-pengharapan kita: surga, rejeki yang mengalir, istri dan anak yang soleh, hidup yang berkecukupan serta hal-hal lain. Namun kita juga harus menumbuhkan rasa cinta kita terhadap Allah, bagaimana kita telah banyak sekali dilimpahkan rejeki kehidupan dan menjadi muslim. Dan rasa takut, akan azab Allah, akan ancaman neraka dan lain-lain.

Insyaallah dengan ketiga hal ini kita bisa menghindari perbuatan keji dan mungkar. Dan tidak menjadi orang yang menyia-nyiakan sholatnya dengan berkelakuan buruk tidak sesuai sholatnya.

Sholat adalah dialog

Yang sering kita lupakan dari aspek sholat adalah proses dialog dengan Allah. Tentu antara khalik dan ciptaannya perlu berkomunikasi, mediumnya adalah sholat. Bagaimana menjalin komunikasi atau untuk mengobrol, tentu dengan aturan. Kadang kita lupa kalau kita bisa curhat kok ke Allah, menumpahkan perasaan dan pengharapan kita. Dan insyaallah akan diberikan keteguhan hati atas keputusan kita, atau diberikan ketenangan akan kesedihan kita, atau dilimpahkan rejeki atas usaha kita.

Adapun kita mendapat panggilan untuk menjadikan sholat sebagai sebuah kebutuhan kadang datang dari Allah melalui hidayah taufik yang menjadi hak prerogatif Allah. Namun kita tidak perlu menunggu itu, kita pun bisa menggali sendiri dengan menggunakan akal dan panca indera untuk belajar, dan mentafakuri Al-Quran dan Al Hadis (hidayah Dilalah)

Semoga kita adalah orang-orang yang diberi petunjuk oleh Allah dan bukan termasuk orang-orang yang disesatkan oleh Allah.

Semoga pengajian April membawa manfaat dan berkah bagi kita semua. Amin. Kita tunggu Pengajian Mei yang  insyaallah pada akhir bulan ini. Semoga semuanya lancar-lancar, dan Allah akan memberi umur panjang agar kita dapat bertemu lagi di pengajian mendatang.

Maha benar Allah akan segala firmannya. Maha salah saya akan segala postulat saya.

Wassalamu’alaikum Wa Rahmatullahi Wa Barakaatuh,

PPMR

Iklan

Tentang Ivan

After graduating from school of architecture Institut Teknologi Bandung, Indonesia in 2006, he worked for almost three years in an emerging Singaporean young firm, Park associates Architect. He design several residential projects to build with the office and published in some renowned architecture magazines such as D A. Since 2009 he is the founder of ruang magazines, an online architecture magazine that deal with urban and social problems in Indonesia.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s