Sejumlah Hadist tentang Adab Penggunaan Ilmu

Assalamualaikum Wr. Wb.

Allah swt, telah menyemangati kita untuk senang tiasa haus dalam kegiatan eksplorasi ilmu pengetahuan, baik belajar maupun mengajar. Sejumlah kutipan hadist penyemangat berkaitan dengan eksplorasi ilmu telah sedikit dibahas pada blog sbb: https://ppmrindonesia.wordpress.com/2011/04/14/sejumlah-hadist-yang-memotivasi-pencarianpengajaran-ilmu-pengetahuan/.

Walaupun ilmu dapat mengantarkan manusia menuju ke keutamaan, keutamaan tersebut juga disertai dengan tanggung jawab yang meliputi pembawanya. Hal-hal berkaitan dengan pengamalan ilmu yang telah diperoleh, pembagian ilmu, adab pada apa-apa yang kita tidak ada ilmu didalamnya, dan larangan untuk merahasiakan ilmu baiknya diketahui kita semua. Berikut sejumlah hadist berkaitan dengan penggunaan ilmu pengetahuan:

“Saling berlakulah jujur dalam ilmu dan jangan saling merahasiakannya. Sesungguhnya berkhianat dalam ilmu pengetahuan lebih berat hukumannya daripada berkhianat dalam harta. (HR. Abu Na’im)”

“Barangsiapa ditanya tentang suatu ilmu lalu dirahasiakannya maka dia akan datang pada hari kiamat dengan kendali (di mulutnya) dari api neraka. (HR. Abu Dawud)”

“Apabila muncul bid’ah-bid’ah di tengah-tengah umatku wajib atas seorang ‘alim menyebarkan ilmunya (yang benar). Kalau dia tidak melakukannya maka baginya laknat Allah, para malaikat dan seluruh manusia. Tidak akan diterima sodaqohnya dan kebaikan amalannya. (HR.Ar-Rabii’)”

“Orang yang paling pedih siksaannya pada hari kiamat ialah seorang alim yang Allah menjadikan ilmunya tidak bermanfaat. (HR. Al-Baihaqi)”

“Seorang ulama yang tanpa amalan seperti lampu membakar dirinya sendiri (Berarti amal perbuatan harus sesuai dengan ajaran-ajarannya). (HR. Ad-Dailami)”

“Sesungguhnya Allah tidak menahan ilmu dari manusia dengan cara merenggut tetapi dengan mewafatkan para ulama sehingga tidak lagi tersisa seorang alim. Dengan demikian orang-orang mengangkat pemimpin-pemimpin yang dungu lalu ditanya dan dia memberi fatwa tanpa ilmu pengetahuan. Mereka sesat dan menyesatkan. (Mutafaq’alaih)”

“Barangsiapa dimintai fatwa sedang dia tidak mengerti maka dosanya adalah atas orang yang memberi fatwa. (HR. Ahmad)”

“Celaka atas umatku dari ulama yang buruk. (HR. Al Hakim)”

“Yang aku takuti terhadap umatku ada tiga perbuatan, yaitu kesalahan seorang ulama, hukum yang zalim, dan hawa nafsu yang diperturutkan. (HR. Asysyihaab)”

Wallahualam bishawab, segala benar datangnya dari Allah SWT, segala kealphaan datang dari saya pribadi. Semoga berguna.

Wassalamualaikum Wr. Wb.

MW

Installer applikasi Al-Quran dan Al-Hadist digital dapat di download melalui URL berikut ini: http://www.4shared.com/file/hevnd_LO/Installer_Alquran_dan_Al_Hadit.html

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s