Reportase Pengajian Februari

Bismillahirrahmanirrahim,

“Dan ingatlah ketika Tuhanmu berfirman kepada para Malaikat: “Sesungguhnya Aku hendak menjadikan seorang khalifah di muka bumi.” Mereka berkata: “Mengapa Engkau hendak menjadikan (khalifah) di bumi itu orang yang akan membuat kerusakan padanya dan menumpahkan darah, padahal kami senantiasa bertasbih dengan memuji Engkau dan mensucikan Engkau?” Tuhan berfirman: “Sesungguhnya Aku mengetahui apa yang tidak kamu ketahui.” (Al-Baqarah 2:30)

Assalamualaikum wr wb,

Alhamdulillah, pada hari sabtu, 26 Februari 2011, lalu kita telah melangsungkan pengajian bulan Februari dengan tema back to countryside di kediaman bang Yopi yang konon di desa yang dipenuhi sapi dan binatang ternak (hehehe… :D) di Papendrecht. Dengan menempuh perjalanan kurang lebih 20 menit dari Rotterdam, akhirnya kita sampai di kediaman bang Yopi dan kak Dewi. Pengajian ini juga dalam rangka mendoakan calon keluarga Aulia dan Lia yang berumur 4 bulan dalam kandungan. Pada saat itu sedang ditiupkan ruh nya oleh Allah, semoga ruh yang dipilihkan adalah yang terbaik. Amin.

Dibuka dengan pembacaan ayat suci Al-Qur’an surat Al-Baqarah ayat 30 dan Al-Mu’minun ayat 12-14, mengenai tugas manusia sebagai khalifah di muka bumi dan proses penciptaan manusia, yang dibacakan oleh Fasha, dan terjemahannya oleh Rizki dan dilanjutkan dengan sambutan oleh tuan rumah..😀

Pak Zulfa, seorang researcher di Erasmus Medical, sebagai pemateri hari itu memberikan tausiah mengenai hakekat hidup. Hidup dimulai dengan sebuah tangisan dan diakhirin dengan kefanaan, yang ditengah-tengahnya adalah rangkaian cobaan. Kehidupan adalah perjalanan menuju kematian. Kehidupan adalah usaha untuk mengisi database kita dengan belajar dan bersekolah, yang akan digunakan untuk ber ijtihad (membuat keputusan berdasarkan interpretasi independen dari Al-Qur’an dan Hadits).

Kita sebagai muslim diberi kewajiban masing-masing untuk berdakwah: “sampaikanlah walaupun hanya satu ayat”.  Dengan cara memberi contoh yang baik. Kita harus menghargai diri kita dan aturan-aturan kita sebagai muslim, maka orang lain akan menghargai kita. Dan sebaik-baiknya orang adalah yang mampu memberi manfaat bagi orang lain.

Diriwayatkan dari Jabir berkata,”Rasulullah Shallallahualaihiwassalam bersabda,’Orang beriman itu bersikap ramah dan tidak ada kebaikan bagi seorang yang tidak bersikap ramah. Dan sebaik-baik manusia adalah orang yang paling bermanfaat bagi manusia.” (HR. Thabrani dan Daruquthni)

Ditengah kehidupan yang serba cepat dan instan ini  kita, sebagai seorang muslim, harus lebih berhati-hati dalam menyikapi sebuah fakta atau informasi. Kita harus menangkap fakta tersebut dengan seluruh panca indera dan hati, kemudian mengolah fakta tersebut didalam otak dan menentukan baik buruknya dalam koridor syariah. Karena banyak baik buruk yang telah terdeviasi, karena nilai-nilai normatif di masyarakat yang telah membenarkan sesuatu yang salah yang dilakukan berulang-ulang. Kita harus lebih berhati-hati dalam bertindak dan berkata. Semakin berilmu seseorang, semakin diam pula dirinya, dan semakin sedikit dia menyalahkan orang lain.

—-

Acara diakhiri dengan sholat dzuhur bersama, silaturahmi dan makan siang bersama. Menu andalan chef-chef ternama Rotterdam, Schiedam dan Papendrecht (terimakasih: Teh Dewi, Teh Nia, Lia, Afifa, Nisa, Ratih, Kang Aul, Niken, Yelvi, Rizki, Kang Aul, Kang Yopi, Kang Medit, Kang Dudi dkk.). Menunya luar biasa: Bakakak Hayam (Ayam bakar dlm bahasa sunda.. :D), gado-gado, tahu tempe bacem, telor balado, sate udang… lekker lekker..😀 Alhamdulillah kenyang.

Semoga pengajianFebruari membawa manfaat dan berkah bagi kita semua. Amin. Kita tunggu Pengajian Maret yang  insyaallah akan di jamu oleh keluarga IHS pada akhir bulan ini. Semoga semuanya lancar-lancar, dan Allah akan memberi umur panjang agar kita dapat bertemu lagi di pengajian mendatang.

Wassalamu’alaikum Wa Rahmatullahi Wa Barakaatuh

PPMR

Tentang Ivan

After graduating from school of architecture Institut Teknologi Bandung, Indonesia in 2006, he worked for almost three years in an emerging Singaporean young firm, Park associates Architect. He design several residential projects to build with the office and published in some renowned architecture magazines such as D A. Since 2009 he is the founder of ruang magazines, an online architecture magazine that deal with urban and social problems in Indonesia.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s