Tanda Orang ber-Tuhan (Terjemahan QS. Al-Furqan 63-75)

63. Adapun hamba-hamba Tuhan yang Maha Pengasih itu adalah: orang-orang yang berjalan di muka bumi dengan rendah hati, dan apabila orang-orang jahil menyapa mereka (dengan kata-kata yang menghina), mereka mengucapkan “salam“.

64. dan orang-orang yang menghabiskan waktu malam untuk beribadah pada Tuhan mereka dengan sujud dan berdiri.

65. dan orang-orang yang berkata, “Ya Tuhan kami, jauhkanlah azab Jahannam dari kami, karena sesungguhnya adzabnya itu mengakibatkan kebinasaan yang kekal“.

66. sungguh neraka Jahanam itu adalah seburuk-buruk tempat menetap dan tempat kediaman.

 

67. Dan (termasuk hamba-hamba Tuhan Yang Maha Pengasih) orang-orang  yang apabila menginfakkan (harta), mereka tidak berlebihan, dan tidak (pula) kikir, yaitu diantara keduanya secara wajar.

68. Dan orang-orang yang tidak mempersekutukan Allah dengan sembahan lain, dan tidak membunuh orang yang diharamkan Allah kecuali dengan (alasan) yang benar, dan tidak berzina; dan barang siapa melakukan demikian itu, niscaya dia mendapat hukuman yang berat.

69. [yakni] akan dilipat gandakan azab untuknya pada hari kiamat dan dia akan kekal dalam azab itu  dalam keadaan terhina,

70. kecuali orang-orang yang bertaubat, beriman dan mengerjakan amal saleh; maka kejahatan mereka diganti Allah dengan kebaikan. Dan adalah Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.

71. dan orang yang bertaubat dan mengerjakan amal saleh, maka sesungguhnya dia bertaubat kepada Allah dengan taubat yang sebenar-benarnya.

72. Dan orang-orang yang tidak memberikan kesaksian palsu, dan apabila mereka bertemu dengan (orang-orang) yang mengerjakan perbuatan-perbuatan yang tidak bermanfaat, mereka berlalu dengan menjaga kehormatan dirinya.

73. dan orang-orang yang apabila diberi peringatan dengan ayat-ayat Tuhan mereka, mereka tidak bersikap sebagai orang-orang yang tuli dan buta.

74. Dan orang-orang yang berkata, “Ya Tuhan kami, anugerahkanlah kepada kami, pasangan kami dan keturunan kami sebagai penyenang hati kami, dan jadikanlah kami pemimpin bagi orang-orang yang bertaqwa.“

75. Mereka itu akan diberi balasan dengan tempat yang tinggi (di surga) atas kesabaran mereka, dan disana mereka akan disambut dengan penghormatan dan salam.

 

One comment

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s