Bulan Dzulhijah, Hari Arafah, dan Keutamaannya

Assalamualaikum Wr. Wb.

Pengantar

Meskipun sedikit terlambat tak ada salahnya saya sampaikan ringkasan dari dokumen yang didapat melalui internet berkenaan dengan keutamaan amalan di bulan Dzulhijah dan keutamaan dari puasa Arafah. Bagi kawan-kawan yang ingin merujuk pada dokumen aslinya dapat menuju ke url berikut ini.

Keutamaan 10 Hari Awal Dzulhijah

10 hari awal di Bulan Dzulhijah adalah tenggang waktu yang mendapat tempat diutamakan untuk memperbanyak amal-amal shalih. Sejalan dengan hadist berikut:

“Tidak ada satu amal sholeh yang lebih dicintai oleh Allah melebihi amal sholeh yang dilakukan pada hari-hari ini (yaitu 10 hari pertama bulan Dzul Hijjah).” Para sahabat bertanya: “Tidak pula jihad di jalan Allah?” Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam menjawab: “Tidak pula jihad di jalan Allah, kecuali orang yang berangkat jihad dengan jiwa dan hartanya namun tidak ada yang kembali satupun.”(HR Abu Daud, Tirmidzi, Ahmad).

Selama masih ada sisa di Bulan Dzulhijah, masih ada kesempatan untuk menambang amal, mari.. yo mari..


Keutamaan Hari Arafah

Keutamaan Bagi Penunai Haji

Hari Arafah jatuh pada tanggal 9 Dzulhijah, tepat satu hari sebelum hari raya Iedul Adha yang jatuh pada tanggal 10 Dzulhijah. Pada hari arafah ini, saudara-saudara kita yang beruntung melaksanakan ibadah haji, semoga kita juga diberi kesempatan suatu hari amiin :), akan melaksanakan wukuf di arafah. Saudara-saudara kita yang berhaji dimuliakan allah karena mereka berkorban jiwa, raga, harta, meninggalkan sanak saudara, hanya untuk meraih keridhoan Allah semata, insyaallah. Insyaallah dengan hati yang murni mereka menjadi golongan yang dibanggakan Allah dan diselamatkan dari api neraka, sejalan dengan hadist berikut ini:

“Di antara hari yang Allah banyak membebaskan seseorang dari neraka adalah di hari Arofah (yaitu untuk orang yang berada di Arofah). Dia akan mendekati mereka lalu akan menampakkan keutamaan mereka pada para malaikat. Kemudian Allah berfirman: Apa yang diinginkan oleh mereka?” (HR. Muslim).

Semoga kita juga mendapat kesempatan berhaji kelak, amin-amin ya Rabb..

Keutamaan Bagi Orang Yang Berdoa

Hari Arafah adalah salah satu waktu yang utama untuk berdoa. Pada hari Arafah ini Doa umat mukmin dimuliakan dan mustajab. Sesuai dengan hadist berikut ini.

“Sebaik-baik do’a adalah do’a pada hari Arofah.” (HR. Turmudzi).

Ayo kita sama-sama manfaatkan waktu emas ini kalau begitu.. OK lah kalau begitu :p

Keutamaan Bagi Orang Yang Berpuasa

Hari Arafah adalah hari yang sangat dianjurkan untuk berpuasa Puasa arafah dapat menghapus dosa-dosa setahun sebelum dan sesudah hari H, sesuai dengan paparan hadist berikut ini.

“Puasa Arofah dapat menghapuskan dosa setahun yang lalu dan setahun akan datang. Puasa Asyuro (10 Muharram) akan menghapuskan dosa setahun yang lalu.” (HR Muslim).


Penutup

Sebagaimana kawan-kawan mafhum, penulis blog juga masih pemula, namun bagaimanapun, saya kira siapapun dia, selama dia memiliki niat untuk memperbaiki diri, kita harus saling mendukung. Termasuk fenomena malu-malunya muslim kebanyakan untuk memperbaiki diri, karena merasa “kurang alim” atau takut dianggap “sok alim”, takut dibilang “munafik” ketika tergelincir, dan lain-lain. Selama niatnya tulus, insyaallah Tuhan maha bijaksana, dan toh hubungan dengan Tuhan yang berhak menilai adalah Tuhan. Jadi buat apa malu? Malu sama siapa? Sama orang atau sama Tuhan? Jadi untuk apa malu memperbaiki diri menjadi muslim yang lebih baik, kita masih muslim juga toh? Selamat memperbaiki diri, insyaallah kita saling mendukung.

Wassalamualaikum Wr. Wb.
Meditya Wasesa

nb. Dengan senang hati, tulisan dapat diteruskan dan diperbanyak tanpa seizin penulis.


Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s