Reportase Ngabuburit di Rotterdam 4 : Mengejar Lailatul Qadr

BismillahhirRahmanirRahim

Sesungguhnya kami telah menurunkannya (Al-Quran) pada malam kemuliaan. Dan Taukah kamu apakah malam kemuliaan itu. Malam Kemuliaan itu lebih baik dari seribu bulan.Pada malam itu turun malaikat-malaikat dan malaikat Jibril dengan izin Tuhannya untuk mengatur segala urusan. Malam itu penuh kesejahterahaan hingga terbit fajar.” (QS.Al Qadr (97): 1-5)

Assalamu’alaikum Wa Rahmatullahi Wa Barakaatuh

Kamis, 2 September 2010. Alhamdulillah kita telah melangsungkan acara Ngabuburit di Rotterdam yang keempat di minggu ketiga, sekaligus penutup dari rangkaian acara Ngabuburit di Rotterdam. Acara  yang dihadiri oleh lebih dari 30 orang, bertempat di kediaman Om Ajo, sekaligus syukuran rumah yang baru ditinggali. Adapun yang bertindak sebagai koki: Om Ajo, Lia, Au, Dedi, Fahed, Pipin, Rani, Mbak Lika, dan kawan-kawan lainnya. Alhamdulillah acara dapat terlaksana dengan baik walaupun dimulai sedikit agak terlambat, karena satu dan lain hal.

Acara diawali dengan Tadarus surah Ad Dukhan yang dipimpin oleh Bang Edwin dan Fahed, mengenai turunnya Al-Qur’an pada malam lailatul qadr. Pada malam itu ditegaskan bahwa Al-Qur’an adalah buku yang jelas, dan tegas, serta datang untuk membawa peringatan kepada orang-orang yang berpaling dan mendustakan Rasulullah. Sesungguhnya mereka akan menerima siksaan yang pahit. Dan Allah Maha mendengar dan Maha Melihat.

Kemudian dilanjutkan oleh sharing singkat oleh saudara Fahed mengenai mengejar malam lailatul Qadr, yang berarti Malam kemuliaan. Adapun malam ini lebih baik dari seribu bulan, sehingga sangatlah beruntung jika kita beribadah sebaik-baiknya pada malam ini. Pada malam ini malaikat akan turun dan mencatat segala amal ibadah kita pada tahun lalu, serta malam penetapan dan perencaaan, dimana untung-rugi, rezeki, kemalangan, keberuntungan serta hal-hal lain yang akan terjadi pada manusia dituliskan pada malam itu. Malam ini penuh rahmat dan barokah yang disembunyikan, aga kita bersungguh-sungguh mencarinya, dan insyaallah kejutan yang diganjarkan akan melebihi usaha kita pada malam ini. Malam ini terjadi pada malam-malam ganjil pada 10 hari terakhir di bulan Ramadhan. Adapun tanda-tanda malam lailatul qadr: pagi hari matahari tidak terik, suasana tenang dan malam hari yang cerah, tidak panas dan tidak dingin, tidak ada angin kencang dan tidak ada awan, langit bertabur dengan bintang. Namun kondisi ini tentulah berbeda disetiap tempat, hingga hanya perbedaan suasana hati kita dalam kekhusyuk-an yang akhirnya mampu merasakan malam yang penuh barokah ini. Semoga kita termasuk orang-orang didalamnya. Amin.

Alhamdulillah acara pun dihadiri beberapa teman non-muslim, menjadikan Islam adalah rahmatan lil alamin dan tidak eksklusif. semoga teman-teman kita diberi hidayah oleh Allah. Amin.

Acara disambung dengan berbuka puasa bersama dengan menu yang sangat luar biasa: sop iga yang luar biasa ala Om ajo, koktail, perkedel dan macem-macemnya, yang mengobati kerinduan akan santapan tanah air. Alhamdulillah kenyang.Semoga Ngabuburit di Rotterdam membawa manfaat bagi kita semua. Serta kita doakan semoga kawan-kawan yang telah bersusah payah menyiapkan hidangan berbuka dan membantu kelancaran acara, serta yang hadir dalam acara maupun yang berhalangan, amal ibadahnya diterima Allah, dan dipanjangkan rezeki dan umurnya. Amin.

Wassalamu’alaikum Wa Rahmatullahi Wa Barakaatuh

Ivan & Iqbal

Iklan

Tentang Ivan

After graduating from school of architecture Institut Teknologi Bandung, Indonesia in 2006, he worked for almost three years in an emerging Singaporean young firm, Park associates Architect. He design several residential projects to build with the office and published in some renowned architecture magazines such as D A. Since 2009 he is the founder of ruang magazines, an online architecture magazine that deal with urban and social problems in Indonesia.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s