Suksesi Penanggung Jawab Umum PPMR 2010/2011

Assalamualaikum Wr.Wb

Alhamdulillahirabbil’alamin. Puji syukur kita panjatkan kehadirat Allah SWT, atas berkah dan izin-Nya, yang mana  pada tanggal 13 September 2010 kemarin kita diberikan kesempatan untuk melaksanakan musyawarah dalam menentukan penanggung jawab umum (PJ Umum) PPMR kita periode 2010/2011. Kali ini kita memiliki dua kandidat, yaitu Muhammad Iqbal Gentur dan Ivan Kurniawan Nasution, yang keduanya InsyaAllah mampu merepresentasikan Islam dan PPMR dengan baik di lingkup mahasiswa Indonesia maupun lingkup yang lebih luas lagi.

Sambutan dari mas Meditya Wasesa selaku PJ Umum PPMR periode 2009/2010 dan juga Kang Aulia Iskandarsyah sebagai moderator membuka acara suksesi Penanggung Jawab Umum kita malam itu. Baik Kang Aul dan Mas Medit mengingatkan tentang tujuan utama PPMR didirikan, yaitu sebagai ajang silaturahmi dan talabul ilmi (menuntut ilmu). Tujuan paling dasar yang harus selalu dijalankan dalam setiap periode. Dan syukur Alhamdulillah, di bawah kepemimpinan Mas Meditya, melalui kegiatan-kegiatan PPMR seperti pengajian bulanan, blog dan grup PPMR, Indonesian Scholars Gathering (yang juga berkerjasama dengan PPI Rotterdam), Bersama Peduli Gaza, Ingat Zakat, BBAQ, ataupun program Ramadannya, kiprah PPMR terdengar hingga ke kota-kota tetangga di negeri kincir angin ini.

Setelah sambutan selesai, dilanjutkan dengan acara inti untuk menentukan PJ Umum PPMR periode baru. Dengan kesepakatan seluruh peserta rapat yang datang malam tadi, pengambilan keputusan dilakukan secara musyawarah. Selain karena asas kekeluargaan yang dianut PPMR, keputusan musyawarah ini diambil dengan menimbang efek negatif yang mungkin terjadi dengan pengambilan keputusan secara voting seperti hilangnya potensi dan kontribusi dari pihak yang tidak menang dalam proses tersebut.

Berikut detail dari proses pengambilan keputusan.

  1. Moderator meminta penyataan akan kesiapan kedua belah pihak akan tanggung jawab barunya sebagai PJ Umum PPMR periode 2010/2011
  2. Dengar pendapat apakah sebaiknya ada satu atau dua penanggung jawab, dan diputuskan untuk  sebaiknya hanya satu PJ Umum dan yang lain dapat menjadi PJ harian
  3. Forum memutuskan untuk memberikan waktu untuk kedua kandidat untuk berdiskusi dalam menentukan siapa yang menjadi PJ Umum dan PJ Harian. Diskusi empat mata antara kandidat mengenai kesiapan masing-masing dikarenakan baik Ivan maupun Iqbal sadar dan mengerti akan kapabilitas masing-masing, oleh karena itu forum mempercayakan kepada mereka berdua untuk mengambil keputusan yang terbaik. Namun pada akhirnya, Ivan dan Iqbal menyatakan kesiapannya lagi dengan sungguh-sungguh dan menyerahkan kembali kepada forum untuk dimusyawarahkan.
  4. Dengan menimbang dan mendiskusikan berbagai hal, musyawarah pun mencapai mufakat dengan memilih.

Muhammad Iqbal Gentur Bismono sebagai Penanggung Jawab Umum

Ivan Kurniawan Nasution sebagai Penanggung Jawab Harian


Setelah mufakat tercapai, doa bersama pun dilangsungkan agar apa yang kita putuskan bersama ini berkah, bukan hanya untuk kemajuan PPMR, tetapi untuk kemajuan kita bersama. InsyaAllah seperti apa yang disampaikan Fahed, dua peran baru bagi Ivan dan Iqbal bisa menjadi sarana untuk memperbaiki diri lebih baik lagi. Acara lalu ditutup dengan berfoto bersama dan sate kambing lezat yang telah disiapkan oleh kawan-kawan IHS.


Sekian Reportase Suksesi Penanggung Jawab PPMR

Saya ucapkan selamat untuk Iqbal dan Ivan. Terima Kasih untuk Mas Meditya, serta semua pihak yang telah membantu proses suksesi ini sehingga berjalan dengan lancar.

Wassalamualaikum Wr.Wb

Amy Astika

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s