Reportase BBAQ ke-3 bulan Juli 2010

Assalamu’alaikum Wa Rahmatullahi Wa Barakaatuh

(Mereka berdoa): “Ya Tuhan kami, janganlah Engkau jadikan hati kami condong kepada kesesatan sesudah Engkau beri petunjuk kepada kami, dan karuniakanlah kepada kami rahmat dari sisi Engkau; karena sesungguhnya Engkau-lah Maha Pemberi (karunia)”. (QS. 3:8)

Alhamdulillah minggu yang lalu kita telah sukses mengadakan acara rutin kita, Belajar Baca Al Qur’an (BBAQ) ke -3 bulan Juli 2010. Alhamdulillah juga kita selalu kedatangan muka-muka segar yang ingin bergabung dalam mengagungkan firman-firman Allah SWT.

Setelah dibuka oleh Bang Edwin, kita langsung mendengarkan bacaan dari qori favorit kita bersama, Abdul Basith Abdus Shamad, yaitu ayat pertama hingga dua puluh surah Ali Imran. Kemudian seperti biasanya, pembacaan 1-2 ayat tersebut secara bergiliran dengan koreksi dari Bang Edwin dan Fahed jika ada pengucapan atau pembacaan yang kurang tepat dalam konteks hukum-hukum Tajwid dan makhrajnya. Pada kesempatan kemarin juga dikenalkan Mad Layn sebagai materi tambahan Tajwid kepada hadirin sambil memantapkan materi-materi sebelumnya.

Lalu, pembacaan terjemah dan tafsir oleh Bang Edwin dilakukan satu persatu dari ayat 1-20. Memang isi dari ayat-ayat tersebut begitu luarbiasa untuk mengingatkan kita bahwa kita harus hati-hati dalam menerjemahkan ayat-ayat Al Qur’an khususnya ayat-ayat Mutasyabihat dan kerasnya siksa api neraka. Do’a di awal dan akhir reportase ini adalah do’a yang sangat baik untuk diamalkan dalam kehidupan sehari-hari agar kita diberi keteguhan iman dan dijauhkan dari api neraka yang menyala-nyala.

Pada kesempatan yang lalu juga dibacakan untuk pertama kalinya hadits pertama dari Hadits Arba’in karya Imam Nawawi rhm yang dipimpin oleh Dedy BR.  Hadits ini berisi tentang amal itu tergantung niatnya, dan kita akan mendapatkan balasan dari Allah SWT sesuai dari niat kita. Lalu seperti biasa ditutup dengan do’a oleh Fahed.

Semoga semua yang kita lakukan bermanfaat dunia akhirat dan  makin banyak yang hadir mengingat makin dekatnya bulan Ramadhan yang penuh maghfirah dan rahmat.

Sekian reportase kali ini. Terimakasih atas perhatiannya.

(Yaitu) orang-orang yang berdoa: Ya Tuhan kami, sesungguhnya kami telah beriman, maka ampunilah segala dosa kami dan peliharalah kami dari siksa neraka,” (QS. 3:16)

Wassalamu ‘alaikum Wa Rahmatullahi Wa Barakaatuh

Fahed Agil

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s