Reportase BBAQ ke-3 Bulan Juni 2010

“Tidaklah suatu kaum berkumpul di sebuah rumah Allah, membaca kitab Allah dan mempelajarinya, melainkan akan diturunkan kepada mereka ketenangan, diliputi oleh rahmat, dan dikelilingi oleh malaikat, dan mereka akan disebut-sebut Allah dihadapan orang-orang yang ada di sisi-Nya (para malaikat), dan barang siapa amalnya kurang, tidak dapat ditambah oleh nasabnya.” (HR Muslim).

Assalamu’alaikum Wa Rahmatullahi Wa Barakaatuh

Kamis malam, 24 Juni 2010, Alhamdulillah, Belajar Baca Al Qur’an (BBAQ) yang ke-3 di bulan Juni 2010 berjalan dengan lancar dan penuh suka cita. Acara dimulai dengan penjelasan dari Bang Edwin mengenai hukum-hukum tajwid yang sudah dipelajari selama ini, mulai dari tanda waqaf hingga mad wajib muttashil. Kemudian dilanjutkan dengan mendengarkan pembacaaan surat Al Mulk (lewat MP3) oleh qari legendaris dari Mesir, Abdul Basit Abdus Samad rhm. sambil dijelaskan penggunaan hukum-hukum tajwidnya oleh Bang Edwin dibantu oleh Fahed.

Lalu seperti biasanya, semua mendapat giliran membaca 2-3 ayat dari surat Al Mulk dan akan dikoreksi dan diberikan pengarahan oleh Bang Edwin dan teman-teman lainnya. Ditengah-tengah pembacaaan, agar smua memiliki pengetahuan yang sama tentang hukum tajwid nun mati dan tanwin, Bang Edwin menjelaskan dengan sesederhana mungkin tentang apa itu iqlab, idgham, izhar, dan ikhfa.  Setelah selesai baca bergiliran, kita membaca bersama-sama surat yang mulia ini, yang memiliki banyak sekali keutamaan seperti dijauhkan dari siksa kubur hingga mendapat syafaat dari pembacaannya.

Setelah kita mendengar dan  membaca ayat-ayat suci tersebut, kita lanjutkan dengan membaca terjemahannya dan penjelasan tafsir secara hati-hati dari ayat-ayat dalam surat Al Mulk oleh Bang Edwin, dibantu oleh Dedy dan teman-teman lainnya yang memiliki pengetahuan tentang ayat tersebut tentunya.  Sebagai penutup, Fahed didaulat untuk membacakan doa dan diamini oleh semua yang hadir.

Semoga BBAQ kali ini membawa manfaat dan berkah bagi semua yang hadir, amiin. Kehadiran teman-teman lainnya sangat diharapkan di pertemuan BBAQ berikutnya.

Sekian reportase kali ini, terimakasih atas perhatiannya.

“(yaitu) orang-orang yang beriman dan hati mereka manjadi tenteram dengan mengingat Allah. Ingatlah, hanya dengan mengingati Allah-lah hati menjadi tenteram”. (Ar-Raad 28)

Wassalamu’alaikum Wa Rahmatullahi Wa Barakaatuh

Fahed

Iklan

One comment

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s