Reportase Pengajian Maret 2010[Sesungguhnya Islam adalah agama yang memudahkan]

Mengenai menjalani kehidupan sebagai seorang Muslim di negara yang mayoritas non-Muslim: “Sesungguhnya Islam adalah Agama yang Memudahkan”

Dua hari yang lalu, tepatnya hari Minggu 28 maret 2010, PPMR kembali mengadakan pengajian bulanan, Alhamdulillah pengajian kali yang diadakan di weenapad berlangsung dengan sukses, keramahan teman –teman IHS yang mempersiapkan santapan makan siang yang sangat amat lezat menambah hangatnya suasana (sampai tidak ada yang tersisa buat dibungkus, hehe).


Pembicara kali ini adalah Ustad Hambali Maksum dari Mesjid Al Hikmah, Den Haag, dengan tema diskusi “bagaimana menjalani kehidupan sebagai muslim di negara yang minoritas Islam” Perbincangan dimulai dengan diskusi bahwa Islam adalah negara yang sempurna dan sejatinya Islam bisa dijalankan dimanapun di belahan dunia ini, dan tentu saja Al –Quran tetap menjadi pedoman meskipun zaman telah berubah, pak ustad menambahkan di dalam islam, setiap permasalahan pasti ada solusinya.

Ketika berhadapan dengan kesulitan menjalankan ibadah, seperti contohnya di Belanda, ketika dihadapkan dengan kesulitan memenuhi sholat tepat waktu karena biasanya di tengah tengah kesibukan bekerja atau menjalankan kuliah tempat sholat yang memadai tidak tersedia, sehingga banyak orang yang melakukan sholat dengan cara di jamak maupun di qodo’, dalam menghadapi hal ini ada baiknya kita melihat lagi kepada niatnya, jadi bukan hanya prosesnya tapi hasilnya harus dilihat secara seksama, karena meskipun katakanlah bagi kita yang berada Belanda agak sulit melaksanakan sholat tepat waktu, atau dengan terpaksa harus menjalankannya di waktu yang lain, maka pahalanya akan tetap sama, sama saja seperti orang sakit yang tidak bisa rukuk dan sujud, maka dia boleh melakukan shalat hanya dengan menegdipkan mata saja dan pahalanya tetap sama.

Sebagai penutup, Pak Hambali kembali menegaskan bahwa Islam adalah agama yang memudahkan. Allah Maha mengetahui kemampuan setiap hambanya. Tidak seperti kebanyakan manusia yang menilai sesuatu hanya dari hasil, Allah menilai sesuatu dari seberapa sulit dan seberapa keras perjuangan hambanya untuk menjalankan perintahnya. Jadi janganlah kita yang tinggal di Eropa ini merasa khawatir apabila pahala kita dalam menjalankan ibadah tidak sebanyak mereka yang tinggal di Indonesia karena kurangnya satu dan lain hal, karena bahwasanya Allah menilai sesuatu dari prosesnya. Sesungguhnya Allah maha melihat lagi maha mengetahui.

*Terimakasih Budi Situmorang untuk bantuannya😉

One comment

  1. Alhamdulillah..Ana seneng baca ringkasan dari pengajian Maret kmrn (maaf ya keluarga besar IHS, sy tdk bs hadir). “Islam adalah agama yang memudahkan” merupakan jawaban universal dari segala keterbatasan kita yg hidup di Rotterdam sbg muslim yang terus berusaha menjadi insan yang bertakwa. Terimakasih pak Hambali atas pencerahannya. Hidup PPMR..!!!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s