Pengajian Bulan Februari 2010 [Membina Keluarga Sakinah]

Picture: Penyerahan Cinderamata kepada Keluarga Satria Gunawan

Alhamdulillah, siang itu pada hari terakhir di bulan Februari ini, pengajian bulanan PPMR dapat berjalan dengan lancar. Lebih dari 30 orang menghadiri acara ini. Bertempat di kediaman bapak Satria Gunawan di Schiedam yang lingkungan yang indah dan damai, acara ini menggunakan konsep yang masih jarang digunakan, yaitu interaksi dua arah dengan pembicara (Bapak Hilman, staf khusus menteri Republik Indonesia) dengan memanfaatkan media Skype. Meskipun ada sedikit kendala di awal dengan media komunikasi ini, Alhamdulillah acara ini berlangsung dengan lancar tanpa mengurangi tujuan sedikitpun.

Sebelum acara inti dimulai, seperti biasa, sholat zuhur dan santap siang pun dilakukan. Kali ini, Ibu Irma Gunawan, istri dari bapak Satria Gunawan menyiapkan menu santap siang yang sangat mengundang selera. Bakso malang dengan ayam goreng dan nasi kuning.Yummy!. Sungguh, makan siang hari itu terasa sangat nikmat, bukan hanya kareng kepandaian bu Irma dalam mengolah bahan-bahan makanan menjadi sebuah masakan yang lezat, tetapi juga karena kebersamaan kita siang itu.

Turut memeriahkan, musyawarah yang berujung pada pemungutan suara untuk memilih pemenang logo PPMR pun dilakukan, dan desain Ivan Nasution berhasil terpilih sebagai logo PPMR. Selamat Ivan ;). Lalu, acara intipun dimulai.

Bapak Hilman sangat lugas dalam menyampaikan pesannya, namun tak jarang juga lelucon beliau membuat senyum dan menggugah tawa para audiens. Beliau hanya memberikan beberapa patah kalimat sebagai pembuka, yang juga sebagai trigger untuk memulai interaksi dua arah ini. Setelah sekitar 10 menit, sesi tanya jawab pun dimulai. Ada beberapa point penting yang beliau sampaikan mengenai tips-tips membina keluarga sakinah.

1. Pilihlah pasanganmu yang seiman, sekufu dan baik asal-usul keturunannya

Belakangan ini, banyak orang yang salah kaprah dalam memilih atau memilihkan calon suami/istri bagi dirinya atau bagi orang lain. Banyak orang yang mengira se-kufu itu adalah kesamaan dalam jumlah materi yang dimiliki, kesetaraan level pendidikan, dan sebagainya. Namun, kesamaan atau kafa’ah yang sebenarnya dimaksudkan disini adalah kesamaan dalam level iman dan ilmu agama yang dimiliki.

2. Janganlah menunda pernikahan apabila merasa sudah siap untuk menikah

Hal ini dimaksudkan untuk menghindari diri seseorang dari apa yang diharamkan Allah. Bila masih belum yakin dan siap untuk menikah karena urusan materi, jangan khawatir, karena Allah swt telah mengatur rizki kita masing-masing.

3. Mintalah bantuan orang yang keluarga/orang yang menyayangi kita sebagai usaha untuk berbuat se-objektif mungkin dalam memilih calon suami/istri

Bila kita jatuh cinta, hal yang tak enak pun akan terasa enak. Cinta dapat membuat kita menjadi sangat subjektif. Dan dalam memilih pasangan hidup untuk menemani kita seumur hidup, diperlukan keobjektifan dalam memilih, untuk mempertimbangkan baik dan buruknya.Oleh karena itu, mintalah bantuan kepada keluarga/orang yg menyayangi  dengan kita untuk memberi pendapat. Setelah kita mendapatkan keyakinan akan satu calon, lakukan sholat istikharah untuk meminta diberikan petunjuk oleh Allah swt.

4. Saling mencintai, menghormati dan mempercayai satu sama lain

Ini adalah hal yang disebutkan beberapa kali oleh bapak Hilman ketika ditanyai tentang apa yang harus dilakukan untuk membina keluarga yang sakinah mawahdah dan warohmah. Kuncinya adalah tiga hal itu, insyaAllah rumah tangga akan tetap kuat dan tak lekang oleh waktu

Setelah kurang lebih 1.5 jam Bapak Hilman membagikan ilmunya, acara pun ditutup dengan mengucap syukur terhadap Allah swt dengan memanjatkan doa kepadaNya.

Untuk foto-foto yang lebih lengkap lagi, silahkan bergabung di PPMR Group Facebook

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s