Kemuliaan dan Keagungan Baginda Rasulullah SAW (1)

Assalamu’alaikum Wa Rahmatullahi Wa Barakaatuh

dome, lotfollah mosque, isfahan oct. 2007

Picture dome, lotfollah mosque, isfahan oct. 2007 by seier+seier+seier (CC@Flickr.Com)

Hari ini pada Sayyidul Ayyam yaitu Jum’at, tepat tanggal 12 Rabiul Awwal, hari kelahiran Baginda Rasulullah SAW, makhluk paling mulia di muka bumi, pemimpin dan penutup para Nabi, manusia yang membawa risalah paling sempurna; Islam, dan menghadirkan Iman kepada Allah SWT ke dalam setiap sanubari tiap-tiap muslim di jagat raya ini, baik yang sudah meninggal maupun yang masih hidup seperti kita sekarang ini, dan merupakan nikmat yang abadi (Insya Allah) dan paling agung bagi kita umat Sayyidina Muhammad SAW.

Tapi tahukah kita kemuliaan dan keagungan dari Nabi Besar kita SAW..?? Mungkin dikarenakan kesibukan kita sebagai pelajar dan pekerja kita tidak sempat untuk membaca dan akhirnya kurang mengetahui hal yang penting ini. Saya akan mencoba untuk sharing mengenai kemuliaan Rasulullah SAW dimulai dari saat-saat kelahiran Beliau SAW dikarenakan bertepatan dengan bulan Maulid Rasul SAW.

Rasulullah SAW hadir belasan abad yang lalu merupakan rahmat bagi seluruh alam, bukan hanya untuk umat Muslim, bukan hanya untuk umat manusia, tapi untuk seluruh makhluk. Allah SWT berfirman dalam Al Qur’anul Kariem:

“Dan tiadalah Kami mengutus kamu, melainkan untuk (menjadi) rahmat bagi semesta alam” (QS. Al Anbiya’ :107)

Dari kelahiran Nabi Agung SAW juga telah terlihat tanda-tanda bahwa beliau akan menghapuskan segala macam syirik (berhala dan sejenisnya yang menjadi sesembahan masyarakat di jaman jahiliyah) sehingga semua menyembah zat Yang Maha Esa, Allah SWT. Banyak keajaiban yang mewarnai kelahiran Nabi SAW, diantaranya adalah:

1.  Semasa Rasulullah s.a.w. berada di dalam kandungan bundanya, Aminah ra, beliau tidak merasa susah sebagaimana dialami oleh ibu-ibu yang hamil.

2. Peperangan tentara bergajah yang disebut di dalam al-Quran surah al-Fil, datang menyerang kota Mekah. Ia diketuai oleh Abrahah dengan menunggang seekor gajah besar bernama Mahmudi. Apabila mereka hampir sampai ke tempat tersebut, gajah-gajah itu berhenti dan mundur dengan izin Allah. Namun demikian, sekumpulan burung Ababil datang menyerang dan menghancurkan mereka sebagaimana yang disebut di dalam al-Quran. Peristiwa ini amat menakjubkan dan diriwayatkan dalam kitab-kitab sejarah.

3. Pada malam kelahiran baginda, berhala-berhala yang terdapat di situ mengalami kerusakan dan kemusnahan. Menurut riwayat daripada Abdul Mutalib, “Ketika aku sedang berada di Kaabah, tiba-tiba berhala jatuh dari tempatnya dan sujud kepada Allah. Lalu aku mendengar suara dari dinding Kaabah berkata, “telah lahir nabi pilihan yang akan membinasakan orang kafir dan mensucikanku daripada berhala-berhala ini dan akan memerintahkan penyembahan Yang Maha Mengetahui.”

4. Api di negara Persia (Iran) yang tidak pernah padam hampir selama seribu tahun telah padam dengan sendirinya. Api tersebut merupakan api sembahan orang-orang Majusi yang dianggap sebagai tuhan. Peristiwa itu amat mengejutkan orang Persia saat itu.

5. Pada saat kelahiran baginda SAW, ibundanya melihat cahaya memancar menerangi istana-istana megah di Syam (diriwayatkan oleh Imam Ahmad bin Hanbal).

Ini hanya sebagian kecil dari tanda-tanda kemuliaan Rasulullah SAW saat beliau dilahirkan ke muka bumi ini. Semua keajaiban ini menunjukkan bahwa Rasulullah SAW adalah manusia yang dipilih oleh Allah SWT sebagai penutup para Nabi, untuk mengajarkan konsep tauhid kepada semua manusia (sebagaimana Nabi-nabi sebelumnya) dan Islam sebagai agama yang paling sempurna dan satu-satunya yang diridhoi oleh Allah SWT. Kelahiran Nabi Muhammad SAW juga merupakan peristiwa terbesar bagi kita semua, dikarenakan lahirnya seseorang yang kamil, yang di kemudian hari akan membawa kita menjadi seorang Muslim dan memiliki beriman kepada Allah Yang Maha Pencipta. Nikmat terbesar ini tidak mungkin kita miliki tanpa kehadiran Rasulullah SAW sebagai pembawa risalah Islam yang dipilih langsung oleh Allah SWT.

Semoga dengan mengetahui sebagian kecil kemuliaan Nabi SAW di saat kelahirannya akan menambah keimanan dan kecintaan kita kepada Allah SWT dan Sayyidina Muhammad SAW. Amiin.

“Sesungguhnya telah ada pada (diri) Rasulullah itu suri teladan yang baik bagimu (yaitu) bagi orang yang mengharap (rahmat) Allah dan (kedatangan) hari kiamat dan dia banyak menyebut Allah.” (QS. Al Ahzab: 21)

Wassalamu’alaikum Wa Rahmatullahi Wa Barakaatuh

Fahed Agil

MSc.BA in Finance & Investments

RSM Erasmus University 2009-10

Iklan

One comment

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s