Adab Bersosialisasi Menurut Al-Quran

Mengulang petikan ayat Al-Quran yang sempat dibacakan ketika pengajian Kick-off PPMR januari ini, ulasan ayat suci berikut ini kiranya akan membantu kita dalam memperbaiki diri khususnya dalam bersosialisasi/ bergaul secara islami. Berikut petikan ayat suci dari QS- Al Hujuraat ayat 11-13:

11. “Wahai orang-orang yang beriman.. Janganlah suatu kamu mengolok-olok kaum yang lain (karena) boleh jadi mereka (yang diperolok-olok) lebih baik dari mereka (yang mengolok-olok), dan janganlah pula perempuan-perempuan (mengolok-olok) perempuan lain, (karena) boleh jadi perempuan (yang diperolok-olok) lebih baik dari perempuan (yang mengolok-olok). Janganlah kamu saling mencela satu sama lain dan janganlah saling memanggil dengan gelar yang buruk. Seburuk-buruk panggilan adalah (panggilan) yang buruk (fasik) setelah beriman. Dan barang siapa tidak bertobat maka mereka itulah orang-orang yang zalim.”

12. “Wahai orang-orang yang beriman.. Jauhilah banyak dari prasangka, sesungguhnya sebagian prasangka itu dosa, dan janganlah kamu mencari-cari kesalahan orang lain, dan janganlah ada diantara kamu menggunjing sebagian yang lain. Apakah ada diantara kamu yang suka memakan daging saudaranya yang sudah mati? Tentu kamu merasa jijik. Dan bertaqwalah kepada Allah, sungguh Allah maha penerima taubat, maha penyayang.”

13. “Wahai manusia.. Sungguh Kami menciptakan kamu dari seorang laki-laki dan seorang perempuan, kemudian Kami jadikan kamu berbangsa-bangsa dan bersuku-suku agar kamu saling mengenal. Sungguh, yang paling mulia disisi Allah ialah orang yang paling bertaqwa. Sungguh Allah maha mengetahui, maha teliti.”

nb. terimakasih untuk abang yang telah memilihkan ayat ini untuk pengajian kita saat itu 🙂

Iklan

One comment

  1. Bismillah….
    Hmm, Islam memang indah…
    Segala sesuatunya berada dalam tatanan yang sempurna, termasuk dalam hal pergaulan. Syukran, tulisannya bagus! ^_^

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s