Keajaiban Bersyukur

Assalamu’alaikum Wr Wb.

Dear Friends,

Dalam keseharian kita, banyak sekali nikmat yang kita peroleh dengan cara yang terduga ataupun yang tidak kita sangka sama sekali. Jika kita dapet gaji bulanan maka itu salahsatu contoh dari sekian banyak nikmat yang bisa kita duga kedatangannya. Akan tetapi, sedikit sekali orang yang merasakan nikmat yang tidak terduga yang diberikan Allah Yang Maha Pemberi Rizki. Sehingga, yang jadi pertanyaan kita adalah bagaimana cara menghadirkan nikmat yang tidak terduga ini..??

Ayam Goreng

Picture Ayam Berempah by boo_licious (Flickr.Com)

Jika untuk mendapatkan gaji kita harus bekerja untuk perusahaan tempat kita bernaung, maka untuk mendapatkan nikmat yang tak terduga kita juga harus melakukan kerja, namun dengan cara yang berbeda. Disinilah konsep bersyukur memainkan perannya. Allah SWT berfirman dalam QS. Ibrahim : 7 yang berbunyi, ” Dan (ingatlah juga), tatkala Tuhanmu memaklumkan; “Sesungguhnya jika kamu bersyukur, PASTI Kami akan menambah (nikmat) kepadamu, dan jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), maka sesungguhnya azab-Ku sangat pedih”.

Allah SWT telah menjamin bahwa jika kita bersyukur atas apa yg kita peroleh, maka Allah SWT PASTI akan menambah nikmat untuk kita. Bermacam-macam bentuk dari nikmat yang diberikan Allah SWT, seperti dimudahkan dalam kuliah, dilancarkan pembuatan tesis nya, ditraktir makan gratis, hingga mendapatkan teman2 baru yang baik dan lingkungan yang mendukung juga merupakan salahsatu nikmat tambahan dari Allah SWT dikarenakan kita rajin bersyukur kepada Nya. Tidak melulu berbentuk uang atau materi.

Bersyukur merupakan salahsatu cara untuk menggapai ridhoNya yang cukup mudah untuk dilakukan, akan tetapi sering dilupakan ataupun malah diremehkan oleh sebagian orang (na’udzu billahi mindzalik). Dengan hanya mengucap “alhamdulillahi robbil ‘alamin” kita sudah bersyukur kepada Nya dengan cara yang termudah, ataupun dengan cara yang lebih tinggi tingkatannya yaitu selalu berada dalam ketaatan kepada-Nya dalam kehidupan kita sehari-hari. Semoga kita dapat termasuk golongan orang2 yang bersyukur, dan kemudian bisa meningkat menjadi golongan orang2 yang bertaqwa kepada Allah SWT. Amiin…

“Barangsiapa bertakwa kepada Allah niscaya Dia akan mengadakan baginya jalan keluar. Dan memberinya rezki dari arah yang tiada disangka-sangkanya. Dan barangsiapa yang bertawakkal kepada Allah niscaya Allah akan mencukupkan (keperluan)nya…” (QS. Ath-Thalaq: 2-3)
“…Dan barang -siapa yang bertakwa kepada Allah, niscaya Allah menjadikan baginya kemudahan dalam urusannya.” (QS. Ath-Thalaq: 4)
“…dan barangsiapa yang bertakwa kepada Allah, niscaya Dia akan menghapus kesalahan-kesalahannya dan akan melipat gandakan pahala baginya.” (QS. Ath-Thalaq: 5)

Wallahu A’lam Wa Ahkam

Wassalamu ‘Alaikum Wr Wb.

Fahed
MSc.BA in Finance & Investments
RSM Erasmus University 2009-10

Iklan

2 comments

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s